Seandainya Al-Qur’an sekarang tidak asli, maka…

Posted on Updated on

Pernah aku merenung: Seandainya Tuhan tidak pernah berfirman, manakah kitab/buku “karangan” manusia sebagai referensi utamaku untuk menerima petunjuk Tuhan?

Pikiran polosku menjawab: Al-Qur’an (yang ada saat ini). Mengapa? Karena Al-Qur’anlah yang kupandang paling mampu “membawaku” menuju jalan Tuhan.

Sejak itu, aku tidak begitu mempedulikan perkataan sejumlah ilmuwan tertentu yang meragukan keaslian Al-Qur’an. Apa pun hasil penelitian mereka, itu tidak akan menggoyahkan sikapku untuk berpegang pada Al-Qur’an sebagai referensi utama. Satu-satunya yang dapat menggoyahkan imanku terhadap Al-Qur’an hanyalah bila ada yang dapat menunjukkan bahwa ISI Al-Qur’an itu sesat.

Untuk memahami isi Al-Qur’an, aku sendiri merasa bahwa kemampuan pikiran polosku sangatlah jauh dari memadai. Karena itu, aku bersandar pada ilmu-ilmu “alat” seperti kaidah-kaidah dari ilmu ushul fiqih (terutama Fiqh Prioritas-nya Yusuf Qardhawi) dan filsafat mawas untuk memahami isi Qur’an.

3 thoughts on “Seandainya Al-Qur’an sekarang tidak asli, maka…

    حَنِيفًا said:
    5 Agustus 2010 pukul 18:21

    Secara keseluruhan mempelajari Al Qur’an sebaiknya dilihat secara tekstual dan kontekstual (tidak tergantung pada tingkat intelegensi individual) namun senantiasa berharap semoga Allah menambahkan ilmu agar meningkat kemampuan pemahamam isi Al Qur’an, begitu yah @Mas. !!

    arief said:
    6 Agustus 2010 pukul 11:01

    Umat Islam sewajarnya tidak hanya mempelajari ayat-ayat Al-Quran saja tetapi juga Kebijaksanaan / Wisdom yang terkandung di dalamnya..

    Dety said:
    13 Oktober 2015 pukul 06:07

    Alquran dalam pemeliharaan Allah SWT sampai akhir Zaman.

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s