Latest Event Updates

Memalukan! Indonesia “Juara Pertama” Pembuatan Situs Maksiat

Posted on Updated on

Ada apa dengan Indonesia? Mengapa negeri yang penduduknya katanya santun dan religius ini ternyata menempati peringkat pertama dalam keahlian membuat situs maksiat (pornografi, perjudian, penipuan, dan penyebaran virus komputer) di internet? Ini merupakan bahan renungan bagi kita yang sebentar lagi memperingati hari ulang tahun kemerdekaan. Apakah kemerdekaan itu berarti kebebasan untuk menyebarkan kemaksiatan?

Baca entri selengkapnya »

Belanja Online: Asyik, Praktis, Murah

Posted on Updated on

Sudah beberapa tahun belakangan ini, aku lebih suka berbelanja secara online. Alasan utama, tentu karena jauh lebih praktis. Tak perlu kita keluar rumah, bertempur melawan kemacetan di jalan, apalagi kalau kendaraan kita berkelas ekonomi non-AC.

Sisi negatifnya mungkin ada juga sih, khususnya bila kita berhadapan dengan penjual yang belum kita kenal kredibilitasnya. Namun kita bisa mengatasinya dengan melakukan semacam eksperimen lebih dulu. Kita coba dulu lakukan pembelian dengan harga termurah. Hitung-hitung, sebagai biaya “belajar” untuk menambah pengetahuan atau pengalaman.

Alternatif lain, Baca entri selengkapnya »

Kontroversi Pengosongan Kolom Agama KTP

Posted on Updated on

Kini kita bisa bernapas lega. Pemerintah, DPR, dan MA secara resmi telah membolehkan kita untuk tidak memilih agama-agama yang ada sebagai IDENTITAS kita. Sekarang kita boleh, dan bahkan sebaiknya, mengosongkan kolom agama di KTP kita. (Lihat halaman Pilih “Golput Agama”, kosongkan kolom agama di KTP.)

Sebagaimana diduga, terjadi kontroversi pro-kontra. Kalangan yang sering mendominasi di bidang keagamaan cenderung menentang pengosongan kolom agama di KTP. Sedangkan kalangan minoritas yang biasanya merasa tertindas, beserta para pembela mereka, cenderung menyambut gembira pengosongan kolom tersebut.

Baca entri selengkapnya »

No Woman, No Cry?

Posted on Updated on

Tiada perempuan, tiada tangisan? Itu sih yang didendangkan dalam sebuah lagu reggae, “No Woman, No Cry”. Pada kenyataannya, belum tentu. Malah mungkin tangisannya lebih kencang!

Apa jadinya bila di dunia ini tidak ada laki-laki atau tidak ada perempuan? Bayangkan! Dalam bayangan kami, mencuatlah memori mengenai salah satu serial kartun anak-anak. Judulnya: Timmy Turner.

Baca entri selengkapnya »

Resah pulsa dicuri? Ini dia solusinya!

Posted on Updated on

Pengaduan yang masuk ke Posko Pengaduan Pencurian Pulsa menyebutkan, pulsa pelanggan tersedot setelah menerima pesan singkat (SMS) berisi tawaran konten, kuis, undian, atau bonus. Mereka mengaku resah dan tak tahu lagi harus melapor ke mana agar pulsa yang diisi ulang tidak disedot lagi oleh operator nomor premium.

Para pelanggan kebingungan. Mereka merasa tidak berlangganan konten apa-apa, tetapi pulsa terus berkurang.

Baca entri selengkapnya »

Slideshow: Foto Bencana Banjir Besar di Pakistan

Posted on Updated on

Di bawah ini adalah slideshow enam gambar foto mengenai bencana banjir besar yang sedang melanda Pakistan. Adapun untuk mengetahui berita terkini yang relevan dengan bencana banjir di Pakistan ini, silakan simak artikel “Tolong! Muslim Pakistan Dilanda Bencana Terburuk

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tidak Menulis SWT dan SAW = mendangkalkan akidah?

Posted on Updated on

… jika anda sangat mencintai Allah SWT dan beliau SAW, anda tidak akan menulis seperti ini, tapi anda akan menulis yang isinya sangat menganjurkan menuliskan SWT dan SAW, bahkan menuliskan dengan lengkap tanpa menyingkat. jika anda seorang yang dalam ilmu tentang Islam, kenapa tidak memunculkan mahabbah dan ta’dziman kepada Allah SWT dan Muhammad SAW?? … jika anda memang ‘ulama dari barisan Islam yang lurus, ajarkan kami untuk mencintai dan ta’dziman kepada Allah SWT dan Muhammad SAW, bukan malah mendangkalkan.

Tanggapan M Shodiq Mustika:

Baca entri selengkapnya »

Salahkah berdakwah dengan cara yang jujur?

Posted on Updated on

Dalam berdakwah, hampir tak pernah aku mengatakan “Menurut Allah SWT, …” atau pun “Menurut Rasulullah SAW, …” Sebab, aku hanya berusaha jujur. Sejujurnya, aku tidak tahu pasti apa yang sesungguhnya dimaksudkan oleh Allah dalam firman-Nya dan oleh Rasulullah dalam sabda beliau. (Lihat artikel “Pencari Kebenaran Agama Yang Jujur” dan “Mampukah kita memahami Al-Qur’an (dan kitab lainnya)?“) Oleh karena itu, aku biasanya mengatakan, “Menurut saya, …” Salahkah berdakwah dengan cara jujur begini?

Gunakan akal untuk memahami Al-Qur’an!

Posted on Updated on

Front of the Quran
Image via Wikipedia

Seorang misterius berteriak kepadaku, “… JANGAN GUNAKAN AKAL ANDA, KARENA AL QUR’AN TIDAK BISA SEMBARANGAN DAN DIJELASKAN SECARA SEPOTONG SEPOTONG”. Nah, apa tanggapan Anda kalau diminta tidak menggunakan akal?

Tanggapan M Shodiq Mustika:

Justru supaya Al-Qur’an bisa dipahami seutuh-utuhnya, bukan sepotong-sepotong, maka penggunaan akal sehat itu diperlukan. Bahkan, Allah SWT menyampaikan firman-Nya hanya kepada orang-orang yang berakal. Sebab, orang yang berakal sehat sajalah yang dapat memahami diin-Nya. Allah berfirman, “… Dan merupakan peringatan bagi orang-orang yang berakal [sehat].” (Q.S. Shad 37 : 43).

Baca entri selengkapnya »

Kumpulan Cerita Humor Seputar Puasa

Posted on

| kumpulan cerita | cerita lucu | humor sufi | seputar puasa |

Puasa adalah ibadah yang santai. Dalam kesantaian, alangkah enaknya bila kita bisa menikmati cerita-cerita humor mengenai puasa dan amalan ibadah sekeliling puasa, tanpa merusak ibadah puasa kita. Siapa mau? Ini dia beberapa humor sufi seputar puasa yang paling lucu (menurutku):

Hebat! Main piano dengan jari kaki tanpa tangan

Posted on Updated on

Mainkan Piano Dengan Jari Kaki, Pria Tanpa Lengan Memukau Ribuan Penonton

Jumat, 13/08/2010 15:41 WIB
Rita Uli Hutapea – detikNews

Beijing – Di balik kekurangan ada kelebihan. Seorang pria muda mengundang decak kagum ribuan orang lewat permainan pianonya yang menakjubkan. Dengan sangat mahir dia memainkan tuts-tuts piano dengan… jari-jari kakinya!

Ya, pria bernama Liu Wei tersebut tidak seberuntung mereka yang memiliki anggota tubuh yang lengkap. Dia telah kehilangan kedua lengannya.

Namun meski tanpa lengan, pianis China tersebut tampil memukau di depan ribuan penonton acara “China’s Got Talent”. Dengan hanya menggunakan jari-jari kakinya, Liu membuat takjub para penonton saat membawakan karya klasik pianis ternama Prancis Richard Clayderman, “Mariage D’amour”.

Baca entri selengkapnya »