Wanita Jomblo Beresiko Terkena Kanker Payudara

Posted on

Jakarta, Bagi para wanita yang belum menikah hingga usia 35 Tahun, sebaiknya berhati-hati karena kanker payudara mengintai Anda. Kanker yang menjadi penyebab kematian terbesar pada wanita ini ternyata bisa bersarang di payudara wanita yang belum juga menikah hingga usia 35 Tahun.

Hal itu disampaikan dr Asrul Harsal, SpPD, K-HOM dalam acara Temu Pasien Kanker Payudara yang digelar atas kerjasama Sanofi Aventis dan RS Kanker Dharmais di Hotel Nikko, Jakarta, Rabu (19/8/2009). “Kalau belum menikah hingga usia 35 tahun, berisiko juga kena kanker payudara,” ujar Asrul.

Dibenarkan dr Samuel J. Haryono, SpBK, Onk, seorang wanita yang masih menjomblo hingga batas usia 35 tahun berisiko terkena kanker payudara karena masalah hormonal.

“Wanita yang belum menikah, hormonnya hanya itu-itu saja, yaitu estrogen. Sedangkan wanita yang sudah menikah, bermacam-macam hormon akan bermunculan di tubuhnya dan bertindak sebagai buffer (penyeimbang) dalam tubuh. Jadi, ketika hormon estrogennya tidak diimbangi, kemungkinan ia akan memicu terbentuknya kanker di payudara,” ujar dr Samuel.

Selain belum menikah, masih banyak faktor lainnya yang diduga menjadi penyebab kanker payudara, seperti menikah tapi tidak punya anak, tidak pernah menyusui anak dan mendapatkan menstruasi pada usia dini (9 tahun-an).

RS Dharmais sendiri saat ini mencatat kanker payudara sebagai urutan pertama untuk kanker yang terjadi pada wanita, setelah kanker serviks. Selama 5 tahun terakhir, angkanya mencapai 32 persen sedangkan kanker serviks (mulut rahim) sebesar 17 persen.

“Kanker adalah penyakit multifaktor, hingga kini tidak dapat ditentukan dengan pasti apa penyebab sesungguhnya, tapi umumnya berasal dari pola hidup yang tidak sehat dan masalah hormonal,” ujar dr Asrul.

Biasanya seseorang baru mendatangi dokter ketika kankernya memasuki stadium agak lanjut, sehingga banyak yang kecolongan dan merasa menyesal setelahnya.

Padahal, deteksi dini pun sebenarnya bisa dilakukan wanita jika sudah merasakan ada tanda-tanda keanehan seperti benjolan di payudara tapi tidak nyeri, puting susu masuk ke dalam dan warnanya merah kecoklatan, kulit mengkerut atau timbul borok di payudara, pembesaran kelenjar getah bening di ketiak dan sebagainya.

Tidak dapat dipungkiri, saat ini kita dikelilingi lingkungan yang tidak sehat, rokok, asap polusi dan makanan tidak sehat ada dimana-mana. Pria pun sebenarnya bisa terkena kanker payudara, tapi kemungkinannya hanya 1 persen. Untuk itu, jagalah pola hidup yang sehat dan waspadalah beberapa faktor-faktor risiko berikut ini:

Faktor reproduksi, seperti menopause pada umur tua dan kehamilan pertama pada umur tua
Penggunaan hormon estrogen
Obesitas
Konsumsi lemak yang tinggi
Riwayat radiasi
Riwayat keluarga dan faktor genetik
Faktor lainnya seperti disebutkan sebelumnya (belum menikah hingga usia 30 tahun-an, menikah tapi tidak punya anak, tidak pernah menyusui anak dan mendapatkan menstruasi pada usia dini (9 tahun-an)

Iklan

14 thoughts on “Wanita Jomblo Beresiko Terkena Kanker Payudara

    my blog 4 famouser dot com said:
    19 Agustus 2009 pukul 20:49

    serem nih…

    harus jaga pola hidup sehat

    erti sastra said:
    20 Agustus 2009 pukul 17:25

    iiiihh.ngeri….kesehatan tu
    betul” harus di jaga

    Diah said:
    20 Agustus 2009 pukul 23:07

    Waduh harus cepet cari jodoh nih

      Elliana said:
      23 Agustus 2009 pukul 10:16

      Ya nggak harus gitu kaleee…..

      Keling said:
      3 Desember 2009 pukul 00:41

      Serahkan saja semuanya sama yang diatas,,,

    Dhewi said:
    21 Agustus 2009 pukul 14:03

    Wah,kyakx emang hruz lakuin pola hdp shat dech,

    Zniper said:
    21 Agustus 2009 pukul 20:35

    Sepertinya ada benarnya juga, karna salah seorang teman kantor saya (wanita) berhenti gara2 operasi kanker payudara, dan memang ia-nya joomlo diatas 35thn. Apakah ini suatu kebetulan ya…

    anak mama said:
    22 Agustus 2009 pukul 07:05

    Ah gk jg.MamaQ dl menikah di usia 26th (th 1975),jg terkena kanker payudara.Mama meninggal justru kalah melawan kankernya.Stlh 10th ( 1995-2005 ) bs bertahan dg cuci darah krn gagal ginjalnya tp di tahun ke 10 ( 2006 ) dinyatakan positif terkena kanker payudara.Th 2005 mama dinyatakan stadium 2.Disarankan operasi,mama operasi.Kemudian th 2006 mama operasi lg.1 hr pasca operasi sukses tp kmd terkena stroke yg membuat mama tdk dpt bangun dr tmpt tidur jg tdk dpt berbicara slm 3 bl.Katanya kankernya sdh menyebar smp ke paru2 melalui kelenjar getah bening.Stlh 3 bl menjalani perawatan di RS keluar masuk kamar ICU-Intermediate,akhirnya mama menembuskan nafasnya yg terakhir di ruang ICU stlh 2hr pernikahan adik bungsuQ di dpn mama di Ruang ICU.

      Elliana said:
      23 Agustus 2009 pukul 10:13

      Ya, kamu bener skali!!! Saya kurang setuju dgn brita diatas.

    Elliana said:
    23 Agustus 2009 pukul 10:11

    Ada benarnya juga berita diatas,tapi kanker payudara itu kand juga belum tentu hanya menyerang cewek jomblo diatas 35 thn.

    Imas sumarni said:
    25 Agustus 2009 pukul 03:21

    Jg pola hdp anda..istirahat yg cukup. Jgn byk bgadang..

    Yuni said:
    8 September 2009 pukul 11:48

    Ihhhh
    ngeri bgd seh

    tira alond said:
    25 Desember 2009 pukul 19:23

    tuhan,….aq takut sekali,…tapi aq percaya pada MU karena hidupku,matiku,rezekiku dan jodohku adalah kehendakMu,…semoga aq menjadi perempuan yang sabar dalam ujiMu…amin.

    umar said:
    29 Desember 2009 pukul 23:53

    Wah kalo terkena kanker payudara coba obati dng REBUSAN TUMBUHAN SARANG SEMUT AJA berbagi info di 081280396464 mau lihat tumbuhan sarang semut silakan di FACEBOOK dng umarpapua@yahoo.com

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s