Karena kurang tidur, aku akan cepat mati; nggak pa pa, 'kan?

Posted on Updated on

Orang yang tidur kurang dari enam jam, memiliki kemungkinan 12% mati lebih cepat dibandingkan mereka yang tidur selama 6 hingga 8 jam. Studi dari University of Warwick dan Federico II University Medical School, Italia menyediakan bukti langsung antara durasi tidur yang pendek serta peningkatan kemungkinan mati muda.

Penelitian ini juga mencatat bahwa tidur terlalu lama (lebih dari 9 jam tiap malam) dapat menyebabkan kekhwatiran serupa. Namun, tidak seperti tidur dalam jumlah waktu sedikit, tidur dalam jumlah yang banyak tidak langsung menyebabkan risiko kematian, namun kenaikan signifikan dari penyakit yang serius dan fatal.

Demikian laporan berita dari inilah.com, “Awas, Tidur Kurang dari 6 Jam Cepat Mati!”

Oh ya, begitukah? Selama ini berapa lamakah aku tidur setiap harinya? Aku hampir tak pernah menghitungnya. Selaku orang yang bekerja di dalam rumah secara menyendiri, aku tidak terikat oleh jam kerja. Tidurku jadi tak menentu. Pokoknya, aku tidur hanya bila merasa mengantuk, kelelahan, atau sakit. Bila tubuh terasa segar, pikiran polosku mengatakan bahwa lebih baik aku menggunakannya untuk kegiatan yang produktif.

Kadang tidurku 6 jam, kadang 3 jam, kadang 30 menit. Sesekali aku tidak tidur sampai dua atau tiga hari, tapi pernah pula sekali tidur sampai 10 jam.

Kalau memang selama ini ketidakteraturanku dalam tidur itu membuat diriku cepat mati, aku rela. Daripada berumur panjang tapi merepotkan orang lain, cepat mati tapi produktif nggak pa pa, ‘kan?

2 respons untuk ‘Karena kurang tidur, aku akan cepat mati; nggak pa pa, 'kan?

    fakih said:
    26 Mei 2010 pukul 17:16

    menurut saya, emg benar adanya karenatingkatkelelahan orang itu berbeda…
    tpilebih baek cepat mati daripada hiduplama tapi menyusahkan orang yang ada di sekitar kita…

    azhari zakaria said:
    11 Mei 2011 pukul 18:45

    menurut gue sih gak ada urusan tidur sedikit atau banyak dengan mati. toh kita semua pasti mati juga pada akhirnya. nah sebelum waktu itu datang. berbuatlah yang terbaik tuk mengisi waktu itu sendiri. sayang kalau waktu kita dihabiskan hanya untuk tidur, padahal nati kita akan tertidur selamanya. nah lo….! apa peneliti-peneliti.

Silakan sampaikan pemikiran Anda