Takwil Mimpi: Berjodoh dengan mantan pacar?

Posted on Updated on

Saya ingin bercerita tentang mimpi saya pak, semoga bapak bisa bantu saya untuk memberi nasihat. Begini pak ceritanya….saya mimpikan ini pada bulan februari 2008, saya bermimpi saya lagi berdiri berhadapan dengan seorang lelaki yang mana lelaki itu sekarang sudah menjadi mantan saya (maaf sebelumnya saya mimpiin itu sebelum pacaran sama dia. Saya pacaran dengan dia baru bulan mei akhir dan putus akhir juni, hanya 1 bulan aja, kami putus karena dia sholat istikharah dan setelah sholat itu dia bermimpi berbincang2 dengan seorang lelaki dan lelaki dalam mimpi dia bilang klo saya dengan mantan saya itu ga bisa untuk selamanya alias tidak jodoh tpi beberapa bulan kemudian kami masih berhub via telepon dan dia bilang sama saya klo dia sering melakukan istikharah tiu lagi dan ada hasil istikhraah dia yang bilang klo saya jodohnya, dia bingung, tp kita tetap tidak bersama lagi saat ini). Di dalam mimpi saya itu ada seorang lelaki tua. Saya sedang berdiri berhadapan dengan matan saya itu dan dibelakang di mana tempat saya berdiri ada lelaki tua tadi yang bilang ke saya klo “dia (maaf saya ga bisa sebut nama manatan saya itu) akan meninggalkan kamu setelah hari ulangtahunmu (saya mimpiin itu sebelum tanggal ulangtahun saya) tapi dia adalah jodoh kamu”. Dan sekarang dia sudah benar pergi meninggalkanku dengan alasan td yang sudah saya utarakan. Yang ingin saya tanyakan apa maksud dari mimpi saya itu, saya jg mw cerita sebelum saya jadian sama dia saya udh mimpiin klo kita bakal pacaran dan itu kebukti benar. Setiap kali saya suka dan deket sama cow ga pernah mimpiin tentang kita bakal jadi pacar, baru kali ini ketika saya kenal dia, saya mimpiin ttg dia dan hampir setiap saya bermimpi ttg dia selalu menjadi nyata, tp saya ga tau apa arti mimpi saya ttg kata2 kakek itu…….

Mantan saya itu sebenarnya juga mempunyai bakat tau kejadian yang akan datang, bulan lalu dia juga sempet bilang sama saya klo saya akan menjadi kepala keluarga dan saya akan menekan suami saya sampai saya berada di atas suami saya, saya berpikir setelah dia bilang itu ke saya, saya saja dengan teman tidak berani apalagi dengan suami sendiri nanti dan aku juga bakal ngerti posisi saya sebagai istri akan selalu hormat dengan suami jadi saya ga mungkin menekan suami saya nanti seperti apa yang dibilang oleh mantan saya itu…….tolong balas surat saya pak, saya butuh nasihat dan saran bapak….sebelumnya saya ucapkan terimakasih…saya tunggu jawabannya……

Tanggapan M Shodiq Mustika:

Untuk menakwilkan mimpi dengan setepat-tepatnya, kita perlu
1) uraian isi mimpi itu serinci-rincinya, seperti “cerpen”
2) keadaan pada hari sebelum bermimpi yang relevan dengan mimpi tsb
3) mimpi-mimpi lain yang isinya ada miripnya dengan isi mimpi tsb

Jadi, silakan ceritakan dengan lebih rinci lagi!

Saya ingin melengkapi urutan mimpi saya kemaren yang saya email ke bapak. Saya kenal dengan mantan saya namanya N itu bulan oktober 2007 tapi kita mulai dekat bulan januari 2008. Awalnya saya tidak menaruh hati dan tidak suka dengan dia tapi saya curhat dengan ibu saya tentang dia dan ibu saya memberi nasehat kepada saya kalau saya tidak boleh jahat sama laki2 kalau dia suka sama kamu seharusnya kamu seneng kamu bisa dicintai. Itu kata2 dari ibu saya dan mulai saat itu saya mencoba membuka hati saya untuk dia, awalnya agak sedikit illfill sama dia tapi lama2 saya bisa suka sama dia. Sampai suatu hari saya lupa tanggal berapa yang pasti itu bulan februari sebelum hari ulang tahun saya, saya bermimpi saya sedang berdiri berhadapan dengan dia dan di belakang saya ada orang tua yang lagi duduk dan berkata N akan meninggalkanmu tapi dia adalah jodoh kamu. Saya terbangun dari tidur saya dan terheran2 bingung kenapa saya mimpiin seperti itu.

Lalu bulan berikutnya saya lupa bulan apa kalau tidak salah april, saya mimpiin kita jalan bersama tapi statusnya jelas klo kita pacaran. Lalu hari berikutnya saya bermimpi N markirin mobilnya di depan rumah saya dan turun dari mobil kemudian tetangga saya tanya ke ibu saya, siapa laki2 itu, dan ibu saya bilang itu pacarnya P (nama panggilan saya). Sejak saya mimpiin itu saya bingung lagi koq aku mimpiin itu ya. Sampai akhirnya bulan mei akhir N ngucapain ke saya klo dia sayang sama saya. Kita pacaran hanya 1 bulan saja karena dia beristikharah. Sewaktu pacaran yang sebulan itu dia pernah bilang ke saya klo dia bermimpi klo dia akan menyakiti aku. Dan akhir juni dia beneran putusin saya karena dia beristikharah (dia beristikharah siang waktu dhuhur kemudian dia tidur dan dia bermimpi dia lagi berbincang2 dengan seorang laki2 dan laki2 itu bilang ke N klo hubungan saya dengan dia tidak untuk selamanya, setelah dia bermimpi seperti itu dia langsung putusin saya). Saya shock berat waktu itu.

Tapi setelah dia beristikharah saya juga melakukan istikhrah, saya tidak mengharapkan jawaban melalui mimpi klo pun saya mimpiin yang berhubungan dengan masalah saya, saya juga tidak tau itu mimpi hasil istikhrah atau hanya bunga tidur saja. Setelah beristikharah lebih dari 20 kali banyak sekali mimpi2 yang saya alami seperti saya main ke rumahnya N kemudian saya disambut hangat dengan papanya N di terasnya kemudian kita bertiga (saya, N, papa N) ingin masuk ke rumahnya kemudian mama N keluar dan papa N bilang ke istrinya td ”ini lho ma pacarnya N” awalnya wajah mamanya ga suka dengan saya tapi setelah papanya cerita akhirnya mamanya tersenyum dengan saya. Selang dua hari, saya bermimpi itu lagi yang bertemu dengan orang tunya, sama persis kejadiannya. Terus beberapa hari kemudian saya bermimpi berbincang dengan N dan dia bilang ke saya klo dia masih sayang sama saya. Beberapa hari kemudian saya bermimpi kita balikan. Hari berikutnya saya bermimpi N main ke rumah saya, dia parkir mobil di teras saya kemudian saya suruh duduk di ruang tamu sementara saya masih dipanggil keluar sama ibu saya setelah saya masuk ke rumah saya, N tidak ada di ruang tamu tp dia masuk ke kamar tidur saya dia tidur di kasur saya sambil wajahnya ditutupi oleh bantal dan dia nangis kemudian dia bilang ke saya klo saya belum ikhlas kehilangan saya lalu saya ajak dia duduk di tepi kasur saya dan dia bilang ke saya ”kamu mau kita bersama lagi, baca Al-Fatihah”. Saya mimpiin itu waktu bulan puasa waktu mau bangun sahur. Beberapa hari lagi saya mimpiin dia bilang ke saya klo ”tunggu aku”.

Pada bulan desember akhir kemaren saya pergi ke pernikahannya saudara saya, acaranya siang hari, malamnya saya mimpiin klo N itu telepon ke hp saya, besoknya tiba2 tepat jam 12 siang waktu saya ada acara pernikahan saudara saya, N telepon hp saya. Minggu lalu saya juga masih mimpiin lagi, kita jalan bareng tapi kita berpisah jalannya dia ke kiri saya ke kanan tapi sewaktu jalannya pisah saya langsung menoleh ke belakang untuk melihat N. Saya sering mimpiin tentang dia pak. Sebelumnya saya belum pernah mimpiin seperti ini sekalipun saya cinta dengan lelaki yang pernah dekat sama saya.

Apa arti mimpi saya itu pak sudah setahun saya bertanya2, saya juga sering bertanya dengan ALLAH setiap saya tanya dengannya, malamnya saya selalu mimpiin tentang N yang akan balikan lagi dengan saya. Tapi saya sempat tanya sama dia apa kamu masih mau kita balikan lagi, dan dia jawabnya ga mau karena dia tau dari orang gaib nya (maaf pak, N punya kemampuan untuk tau kejadian yang akan datang, turunan dari orang tua) kalau saya nanti bakal jadi kepala keluarga, saya akan menekan suami saya sampai saya akan berada di atas suami saya, dan N ga mau klo itu terjadi sama dia, itu omongan yang N denger dari orang gaibnya, tapi N juga tidak tau siapa jodohnya dan jodoh saya. Saya saja tidak berani dengan teman sendiri apalagi dengan suami saya nanti dan saya juga sadar diri klo saya sudah menikah nanti gimana posisi saya, saya seorang istri yang harus menuruti suami jadi waktu N bilang seperti itu ke saya, saya tambah bingung lagi. Kalau sudah gini pak, saya ga tau harus gimana lagi. Saat ini saya sudah berkenalan dengan lelaki lain lagi tapi setiap saya jalan keluar sama laki2 baru ini, bayangan wajah N selalu muncul.

Sebelumnya banyak kejadian2 yang mirip yang sama sekali saya dan N tidak rencanakan atau janjikan sebelumnya.seperti saya lagi di mall surabaya tiba2 dia sms saya klo dia jg lagi di mall semarang. Dia minum jus buah saya juga minum jus buah juga padahal tidak bilang sebelumnya. Kalkulator dia rusak, kalkulator saya juga rusak. Neneknya masuk rumah sakit, nenek saya saat itu juga masuk rumah sakit. Waktu kecil dia suka makan kue semprong sementara waktu aku kecil juga suka sama kue itu. Sewaktu saya SMA saya bermimpi pengen punya pacar yang bisa berbahasa inggris dan ada campuran etnis cina tp muslim. Dan saya sudah dapatkan di N (dia setengah cina dari bapaknya dan muslim, saya berpikir apa dia yang selama ini saya cari). Sebenarnya saya sudah merasa cocok dengan dia karena dia bisa membuat saya berpikir lebih dewasa lagi. Saya punya foto yang sedang berdua dengan dia. Setiap saya tunjukin itu ke teman2 saya, banyak yang bilang klo kita mirip.

Pak di sini saya benar2 bingung, saya mohon saran dan nasehatnya bapak karena saya yakin bapak orang yang tepat menakwilkan mimpi setelah saya baca tentang buku bapak ”istikharah cinta”, terlebih omongan orang tua yang ada di mimpi saya yang bilang dia akan meniggalkanmu tapi dia adalah jodoh kamu… Saya ingin terbebas dari mimpi itu dan melupakan dia secepatnya……… Saya tunggu balasannya pak…

Tanggapan M Shodiq Mustika:

Nah, kalau selengkap gitu, lebih mudahlah aku takwilkan mimpimu itu. Menurutku, takwilnya: ”Dia itu [salah satu diantara] jodohmu, tapi dia meninggalkanmu.”

Kata-kata ”salah satu diantara” itu aku tambahkan untuk menegaskan bahwa jodoh yang disediakan oleh Tuhan itu lebih dari satu. Dengan kata lain, dia merupakan jodohmu, tetapi dia bukanlah jodoh yang terbaik bagimu. Ada pria-pria lain yang lebih baik bagimu sebagai jodohmu.

Kemudian supaya kau ”terbebas” dari mimpi itu, tingkatkanlah ketawakkallanmu kepada Sang Maha Penyayang. Lebih berserah-dirilah kamu kepada-Nya. Antara lain dengan berdoa, misalnya, ”Ya Allah, apabila mimpi-mimpi seperti ini menurut-Mu baik bagiku, jadikanlah aku rela mengalaminya. Namun kalau mimpi seperti ini menurut-Mu buruk bagiku, bebaskanlah aku darinya. …” (Untuk doa/zikir lain yang relevan, silakan simak buku Doa & Zikir Cinta. Untuk ”melupakan” dia, silakan simak artikel Konsultasi: Cara “melupakan” si dia.)

Demikian jawaban dan saran dariku. Semoga Allah melapangkan jalan bagimu untuk memperoleh jodoh terbaik. Aamiin.

123 respons untuk ‘Takwil Mimpi: Berjodoh dengan mantan pacar?

    Acha said:
    19 Agustus 2015 pukul 22:59

    Assalamu’alaikum pak ustad. Perkenalkan nama sy Annisa, setelah sy menemukan website ini dan kurang lbh membaca surat2 yg ada, sy tertarik utk bercerita tntang mimpi sy. Jd sy berkenal dgn cowok yg inisialny T. Sy kenal sdh 2 thn ini. Tp lbh komunikasi ny lbh lama di Hp, karna kami beda daerah, dia di Jkt dan sy di Jawa Tengah. Kita kenal saat hari lebaran di kampung. Usia kita beda 11 thn. Dan kita msh ada hub.Saudara, jadi mbah buyut sy itu Kakaknya mbahnya dia. Mama sy tdk setuju, disamping krna msh swdara jg ad “sesuatu” dr masa lalu keluarga kami.Singkat cerita, sy sering memimpikan dia.

    Pertama x brmimpi itu saat msh blm akrab, sy brmimpi sedang di rmh seseorg tp sy ga itu rmh siapa, nah di situ ad perempuan dan ank laki2 yg msh kecil sekitar 5/6thn, tiba2 dia kepala dia nongol di sisi pintu dr dlm dan menyapa “Hai”.
    Mimpi kedua, menurut sy ini mimpi jelek, krna sy mmpi spt melakukan hub yg dilakukn pasutri. Ya intinny sy mimpi keluarga ny trutama mbh putri ny yg tdk suka jika sy dg T dan ibu ny yg spt di dlm mimpi tdk masalah jk sy dgn anakny.
    Nah mimpi yg sngat heran kn, sy dg dia mimpi jika kami sedang melangsungkn Ijab kabul, dan stelah itu dia spt menanyakn rmh yg diberikn utk T ke ibunya. Ya mau sy ceritakan itu dlu, karna mimpi sy tntang dia sngat byk.. Mohon dilihat apa arti mimpi sy.

    Wass

    carbian said:
    2 Maret 2016 pukul 07:26

    saya bermimpii ketemu mantan gendong ank dimasjid itu arti ya apa ya?? sdngkn sy sdh putus sm dia, n dia kepoin khdupn sy..
    sy jg tdk prnh komuniksi dgn dia n dia inbox sy di fb bhkn sy blz..

    itu arti dlm sbuah mimpii sy ap ya??

    andini said:
    17 Maret 2016 pukul 06:54

    Pada waktu semalam tepatnya tgl 16 maret 2016 saya bermimpi mimpi ini baru benar-benar saya alami didalam mimpi itu saya bermimpi bahwa saya berpacaran dengan seseorang yg saya harapkan tetapi dia sudah mempunyai kekasih. Tetapi jelas sekali sidalam mimpi itu dia sudah mengakhiri hubungan dia dengan pacarnya itu lalu dia datang kepada saya untuk mengungkapkan perasaannya dan saya sangat senang sekali. Didalam mimpi itu seakan jelas sekali bahwa saya sebagai kekasih yg disayanginya,kita menjalani bersama dengan kebahagiaan tanpa bersedih, tetapi pas hari sudah pagi saya lalu terbangun dan ternyata itu hanya mimpi sedikit rasa kecewa tetapi mau diapakan lg itu ternyata hanya mimpi. Yang saya tanyakan apa maksus dari mimpi semalam saya itu apa bisa benar-benar terjadi dikehidupan nyata?

    Yolanda said:
    14 September 2016 pukul 17:51

    Baru” ini saya baru putus sama mantan saya tapi tiba” saya memimpikan omannya mantan saya yang sudah meninggal 2 thn yg lalu dan dlm mimpi itu omanya menunjuk mantan saya dan berkata bahwa “ini cucu oma” lalu mantan saya tersenyum melihat kearah saya .mohon penjelasannya trims

    Prianto gultom said:
    28 Februari 2017 pukul 07:34

    Selamat pagi pak, saya membaca artikel2 bapak, dan saya tertarik untuk mencari tahu tentang mimpi saya..
    Pagi ini saya telah bermimpi, dimana mimpi saya, saya berada di dalam rumah mantan saya, dan saya dalam keadaan bermain bersama dengan keluarga mantan saya, tapi ketika mantan saya nonggol, saya acuh kepada mantan saya itu, tetapi ada teman saya mengatakan pada saya, untuk tidak memikirkan mantan saya itu..
    Maksud mimpi saya itu apa ya pak?

    Kurni said:
    14 Maret 2017 pukul 01:47

    As.saya memimpikan mantan saya dgn cewek yg saya kenal namax lely di slah satu rumah dan akhirx aku marah dan memukul mantan saya ,akhirx aku plg kerumah menagis karna dia lebih memilh cwek itu padahal aku sagat menyayangi dan berharap bisa balikan,dia dtg lewat pintu belakang sambil bawa sabun mandi dan dia melukis nama saya dan namax di sabun mandi itu sambil mngatakan kalo kita jodoh….t

    Atikah said:
    21 April 2017 pukul 01:13

    Pa saya izin bertanya,,kenapa saya dan mantan saya sering mimpi,,kadang saya yg 1 minggu berturut” memimpikan dia,,kadang 1 minggu berturut” mantan saya yg mimpiin saya,,padahal saya sudah lama putus dengan dia 2010,,saya sudah punya pacar dan dia pun punya pacar,,saya dan dia bermimpi saling jodoh begitu pun dia dengan saya d mimpi nya saling jodoh,,kadang dia datang kadang dia pergi begitu pun d dunia nyata nya,,dia sms nanya kabar dll nanti pergi entah kmna..
    Yg saya ingin tanyakan
    Kenapa mantan atau saya masih suka memimpikan nya??
    Apa kah mantan saya adalah jodoh saya???

    Diah said:
    17 April 2018 pukul 03:15

    pak saya mau tanya tentang mimpian saya
    Saya bermimpi teman saya meninggal tapi setelah di kapan dia hidup lalu saya kira dia melempar kain kapan kepada saya tapi ternyata handukamu dan setelah itu lalu saya kira teman-teman saya dan saya belikan di belikan kain kapan tapi ternyata makna untuk pakai sholat

    essen aquatic said:
    5 Desember 2018 pukul 09:19

    thank nice infonya sangat menarik, kunjungi http://bit.ly/2SP7F4H

Silakan sampaikan pemikiran Anda