Penyakit Aneh Pria: Takut berdekatan dengan wanita cantik

Posted on Updated on

pria takut wanita Baru sekarang aku tahu adanya penyakit aneh ini yang melanda sejumlah lelaki: takut beredekatan dengan perempuan cantik. Umumnya, ‘kan, kaum pria ‘kan senang didekati wanita cantik. Kalau seorang lelaki malah jadi takut (fobia), maka konon itu pertanda bahwa dia sedang sakit dan perlu diobati.

Lain halnya kalau takutnya adalah karena takut dosa. Itu masuk akal. Karenanya, bukan tergolong fobia. Dalam Islam, misalnya, pergaulan dengan lawan-jenis tidaklah seleluasa dengan sesama jenis. Maka kalau kita jumpai sejumlah ikhwan “takut” melihat wanita, sebenarnya mereka takut kepada Alllah, bukan takut akan melihat wanita.

Terus, kalau pria keranjingan melirik atau bahkan menatap lekat-lekat wanita cantik yang bukan istrinya, apakah itu bukan penyakit pula?

Fobia Pria pada Wanita Cantik

Kamis, 10/12/2009 | 15:12 WIB

KOMPAS.com – Jangankan ngobrol, Anda dekati saja si dia menjauh pergi. Jika Anda memandang ke arahnya, dia buru-buru mengalihkan pandangan. Jangan lantas menganggapnya sombong, karena, bisa jadi ia sebenarnya memiliki venustraphobia. Artinya, rasa takut yang berlebihan terhadap perempuan cantik. Kok bisa?

Rasa takut berlebihan
Sebelum lebih jauh membahas venustraphobia, Anda perlu tahu fobia secara umum. Fobia didefinisikan sebagai rasa takut yang tidak rasional atas suatu obyek situasi atau aktivitas yang spesifik. Rasa takut dipicu stimuli yang tidak benar-benar menakutkan atau mengancam keselamatan diri. Misalnya, Anda takut pada buah tertentu, padahal buah itu tidak berbahaya ataupun mengancam jiwa. Beda jika Anda takut pada buaya. Itu normal dan wajar. Meski tidak membahayakan jiwa, namun fobia memiliki dampak yang besar terhadap kualitas hidup si penderitanya.

Venustraphobia (disebut juga caligynephobia) adalah rasa takut yang berlebihan terhadap perempuan cantik. Sama halnya dengan fobia jenis lain, fobia ini juga disebabkan stimulan yang tidak wajar dan tidak membahayakan jiwa. Biasanya penyebabnya adalah kejadian atau pengalaman buruk yang berkaitan dengan perempuan cantik yang menyebabkan trauma psikologis penderitanya.

Apa sih yang terjadi ketika penderita venustraphobia ini berada di antara perempuan cantik? Keringat dingin, tubuh gemetar, dan napas megap-megap. Para psikolog mengatakan, penyebab dari venustraphobia ini adalah perasaan tidak percaya diri atau rendah diri berlebihan, perasaan takut ditolak, takut tidak diterima, atau takut gagal membina hubungan.

Bisa sembuh
Bila pasangan menunjukkan gejala-gejala venustraphobia, Anda tidak perlu khawatir. Dia tidak sendirian di dunia ini. Sebuah penelitian mengatakan, diperkirakan sekitar 0,47 persen pria di Inggris dan 0,61 persen pria di Amerika terserang venustraphobia. Penelitian lain menyebutkan penderita fobia ini lebih banyak berasal dari kalangan menengah ke atas. Penyebabnya, seperti yang disebutkan tadi, sikap rendah diri yang berlebihan. Berawal dari tak percaya diri, lama-kelamaan perasaan ini terakumulasi menjadi fobia.

Penderita fobia ini sebenarnya bisa disembuhkan. Ada berbagai metode pemulihan untuk membuat penderitanya keluar dari ketakutan, mulai dari hipnoterapi, neuro-linguistic programming, hingga energy psychology.

Seperti komputer, terapi hipnoterapi dilakukan dengan memprogram ulang alam bawah sadar penderitanya dengan bantuan terapi atau psikolog sebagai mediator. Ketika rasa takutnya telah diprogram ulang, gejala fobia ini akan ditekan seminim mungkin. Neuro-linguistic programming menggunakan kekuatan imajinasi untuk memprogram ulang rasa takut si penderita.

Sedangkan energy psychology merupakan terapi pemulihan yang menggabungkan berbagai macam bentuk pemulihan terhadap fobia. Metode ini relatif aman. Cara lain yang juga dilakukan untuk penyembuhan adalah menggunakan obat antidepresan, terapi bicara, atau cognitive behaviour therapy.

(Ika Nurul Syifaa/Majalah CHIC)

19 respons untuk ‘Penyakit Aneh Pria: Takut berdekatan dengan wanita cantik

    Agung F said:
    10 Desember 2009 pukul 17:02

    Dulu waktu SMP saya juga begitu. Selalu ada rasa takut, terus kalau ketemu rasanya nggak pede dan ingin kabur.
    Tapi setelah SMA, aktif di organisasi, lama kelamaan juga ilang.

    ali abdat said:
    11 Desember 2009 pukul 10:00

    TAKUT SAMA CEWE CANTIK SI MENDING MATI AJA LU !!!HAHAHAHA

      kimoyzkim91 said:
      1 November 2016 pukul 19:46

      gak semua cwo itu sama brul. lo pikir semua cwo sama kayak lo.lo kepikir gk tipe manusia itu ada bnyk macem dn jenis nya. gtu jg dg cwok. beda2 cara mrk melihat cwe. jgn lo pukul rata bung. gw rasa kalo lo pun bukan nya berani tp krn lo mesum makanya lo berani sama cewek !

      Refz said:
      1 Maret 2017 pukul 02:31

      Kasar amat Ali ini ya, sependapat sama Kimoyzkim91.

    Septian said:
    11 Desember 2009 pukul 18:10

    wah itu sih saya bget tuh.. , tapi .. cantik yang gmna dlu…???? hhehe

    Bodrox said:
    14 Desember 2009 pukul 08:38

    Hi.. Hi.. Ada2 aja. Banyak co nguber2 ce cantik, yang ini kok malah takut :p

    setro28 said:
    15 Desember 2009 pukul 20:22

    hehe aneh

    mia haura said:
    21 Desember 2009 pukul 10:08

    kok bsa sich??????
    pdhal cwek cntik kn idaman smua cwok…..^_^

    SEFT said:
    6 Mei 2010 pukul 16:23

    coba dengan SEFT mungkin bisa membantu

    Bhina said:
    27 Juni 2010 pukul 09:59

    Waw makasih infonya..

    akbar said:
    13 Desember 2010 pukul 19:42

    owwhhh ternyata itu penyakit gw
    thx infonya…

    Ajis said:
    28 Desember 2010 pukul 17:16

    T_T

    Ternyata Sy Juga Kena

    Andy-mizan said:
    6 Juli 2012 pukul 19:31

    takut ketauan mikir ngeres, ntar bisa di tampar/ditinju hahaha

    super hero said:
    1 Oktober 2013 pukul 18:58

    yang pada ngeledek sama penyakit caligynephobia brengsek loe semua !!!
    si objek ini sedang sakit bung, dan perlu d sembuhkan bukannya sebaliknya,
    seperti hal nya loe yg pada ngeledek sama penyakit caligynephobia ini punya penyakit TBC masa mau d ledek sama gue, yg pastinya gue kasih saran buat penyembuhannya, saling menghargai aja ! thanks

    nando said:
    21 Agustus 2015 pukul 17:59

    saya juga seperti ini. dulu sih normal2 aja, bahkan punya kekasih seperti orang normal pada umumnya.
    Tapi ga tau kenapa sekarang kalau di deketin sama semua cewek langsung deh pikiran ga tau kemana, keringet dingin keluar, tangan gemetaran. Kalo sudah gitu ya paling saya langsung pergi ngejauh. Biasanya sebelum ngejauh saya paksain sapa cewek itu biar ga dianggap saya sombong.
    haduh… penyakit ini emang bikin ngejalanin aktifitas sehari hari jadi berat. huufftt…

      Refz said:
      1 Maret 2017 pukul 03:08

      Sama dong bro.. hahaha

    han said:
    5 Mei 2016 pukul 03:04

    90% yg d jelaskan TS adl bner, tp g smpe keringat jg, sy paling smpe dagdigdug g tenang aja, makany sy lebih memilih nyari posisi yg aman aj, klo ad cwe lewat atau ada d deket, mnding menjauh, drpd g tenang jantung ini haha

    Refz said:
    1 Maret 2017 pukul 02:46

    Ternyata saya ga sendiri, banyak juga ternyata yg takut sama cewe.. hehe..
    Kalau saya lg ada di deket cewe rasanya ga tenang, jantung jadi ga karuan, pikiran kemana tpi bukan mikir yg mesum mesum loh .. hehehe

    Zen_V said:
    14 Juni 2017 pukul 18:08

    ITU saya banget ;(
    Entah kenapa kalau saya berdekatan sama wanita bulu kuduk saya selalu merinding

Silakan sampaikan pemikiran Anda