Cara Dzikir untuk Atasi Segala Masalah Cinta

Posted on Updated on

Update 7 September 2008:

Buku Doa & Zikir Cinta sudah beredar. Cetakan pertamanya langsung banyak, sampai tujuh ribu eksemplar. Jadi, tentu kau dapat menjumpainya dengan mudah di toko buku terkemuka. Kalau pun kesulitan, kau dapat membelinya di SerbaBuku.com.

–Tulisan semula:

Berikut ini adalah kutipan naskah “Kata Pengantar” dan “Daftar Isi” buku M Shodiq Mustika, Doa & Zikir Cinta: Mengatasi Problema Cinta dari Pranikah Hingga Rumahtangga (Jakarta: Qultum Media, Agustus 2008). Semula, naskahnya berjudul “Dzikir Cinta Islami”. Isinya: Cara Dzikir sesuai Syariat untuk Atasi Segala Masalah Cinta, baik cinta orangtua-anak maupun asmara pria-wanita, baik pranikah maupun suami-istri.

Kata Pengantar

Segala puji bagi Dia yang menciptakan untuk kita jodoh-jodoh dari jenis kita sendiri, supaya kita hidup tenang dengan mereka, dan dijadikan-Nya rasa cinta dan kasih diantara kita dan mereka. Sesungguhnya Tuhan kita Mahalembut terhadap segala yang Dia kehendaki. Sungguh Dia Mahatahu, Mahabijaksana.

Dengan ilmu-Nya dan kebijaksanaan-Nya, Dia tuntun kita untuk mengatasi segala masalah. Tak terkecuali persoalan cinta. Baik cinta orangtua-anak maupun asmara pria-wanita; baik pranikah maupun suami-istri.

Sekarang, apakah Anda ingin:

  • © si dia tidak berselingkuh?
  • © Anda selamat dari cemburu buta?
  • © selamat dari rayuan gombal?
  • © terlindung dari pelet (pengasihan)?
  • © memperoleh jodoh terbaik?
  • © memperoleh hubungan manis/romantis?
  • © nafkah lahir-batin memuaskan?

Semua kebutuhan Anda yang seperti itu akan terpenuhi melalui dzikir dengan cara-cara seperti yang kami paparkan di buku ini. Bukan hanya itu, buku ini juga menyediakan solusi bagi lebih dari 70 masalah lain yang tak jarang kita jumpai di dunia cinta. Isinya mencakup pula persoalan bagaimana menghadapi perubahan di jalan cinta, mengatasi konflik (pertikaian) dengan si dia, mengobati kerinduan, mencegah perzinaan, menghadapi kehamilan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Buku ini kami susun dengan mengacu pada Al-Qur’an dan hadits-hadits shahih, mengikuti pemahaman ulama-ulama salaf (terdahulu) yang terpercaya. Apabila Anda mendapati kebenaran dan kebaikan di dalamnya, semuanya berasal dari Allah SWT. Silakan memanfaatkannya! Namun jika Anda menjumpai kesalahan dan keburukan di dalamnya, maka itu berasal dari kelemahan saya sendiri dalam mengkaji sumber-sumber tersebut dan dalam menyampaikan kajian saya ini kepada Anda. Andaikan demikian, silakan mengoreksi!

Solo, 10 Juni 2008

Shodiq

Daftar Isi

1. Dzikir dalam Islam
Mahadaya Dzikir
Luasnya Makna Dzikir
Hindari Bid’ah
Cara Dzikir sesuai Syariat
Jenis-jenis Lafazh Dzikir

2. Menikmati Indahnya Cinta
Supaya Lebih Nikmat
Supaya Mampu Bersyukur
Untuk Bersyukur Saat Si Dia “Takluk”
Untuk Mensyukuri Keindahan Cinta
Untuk Mensyukuri Kenikmatan Cinta

3. Atasi Derita di Jalan Cinta
Supaya Tangguh Hadapi Masalah Berat
Supaya Tabah Hadapi Musibah
Supaya Penyesalan Tidak Sia-Sia
Supaya Selamat dari Penderitaan
Supaya Tidak Menderita Lagi

4. Hadapi Perubahan di Jalan Cinta
Untuk Menempuh Hidup Baru
Supaya Berani & Percaya Diri
Supaya Tidak Takut Miskin

5. Hadapi Masalah Jodoh
Supaya Mampu Menikah
Supaya Memperoleh Jodoh
Supaya Dipilihkan Allah Jodoh Terbaik

6. Atasi Masalah Cemburu
Supaya Selamat dari Cemburu Buta
Supaya Tidak Cemburu Buta
Supaya Rela Si Dia untuk Orang Lain

7. Atasi Masalah Selingkuh
Supaya Tidak Selingkuh
Supaya Suami atau Kekasih Anda Tidak Selingkuh
Supaya Tiada Lagi Perselingkuhan

8. Hadapi Masalah Janji & Sumpah
Supaya Memenuhi Janji
Supaya Janjinya Dia Penuhi
Supaya Sumpah Terjaga
Untuk Menebus Sumpah

9. Hadapi Masalah “Rayuan Gombal”
Supaya Selamat dari Rayuan Gombal
Supaya Berhasil Merayu
Supaya Selamat dari Tuduhan Berbohong

10. Atasi Masalah Gosip & Fitnah
Supaya Tidak Menyebarkan Berita Bohong
Supaya Mendapat Kebenaran Bila Mendengar Gosip
Supaya Tidak Bersedih Bila Menjadi Sasaran Gosip
Supaya Tabah Bila Menjadi Sasaran Gosip
Supaya Tidak Menjadi Sasaran Fitnah

11. Menjalin Hubungan Cinta
Supaya Saling Kenal
Supaya Memahami & Dimengerti
Supaya Didukung Keluarga
Supaya Terjalin Hubungan Manis/Romantis

12. Atasi Masalah Pertikaian
Supaya Dimaafkan
Supaya Memaafkan
Supaya Saling Memaafkan
Supaya Tidak Enggan Berdamai
Supaya Manis/Romantis Kembali

13. Atasi Masalah Putus-Hubungan
Supaya Hubungan Cinta Tidak Retak
Supaya Hubungan Cinta Tidak Putus
Untuk Menyambut Terputusnya Hubungan Cinta
Untuk Menyambut Perceraian

14. Hadapi Masalah Rindu & Penasaran
Supaya Tidak “Hanyut” dalam Kerinduan
Supaya Tidak Mencemaskan Keadaan Si Dia
Supaya Si Dia Kembali dengan Sebaik-baiknya
Untuk Menyambut Kembalinya Si Dia

15. Atasi Masalah Ketergila-gilaan
Supaya Tidak Cenderung Bunuh Diri
Supaya Tidak Tergila-gila
Supaya Lebih Mencintai Allah
Supaya Lebih Dicintai Allah

16. Atasi Gangguan Jin, Syetan & Sihir
Supaya Terlindung dari Rayuan Syetan
Supaya Tidak Didekati Syetan
Supaya Dijauhi Syetan
Supaya Terpagari dari Syetan Sepanjang Hari
Supaya Terlindung dari Kejahatan Jin & Syetan
Supaya Terlindung dari Pelet & Sihir Lainnya

17. Hadapi Pengaruh Lingkungan
Supaya Terlindung dari Kejahatan Manusia
Supaya Selamat dari Kaum Perusak
Supaya Selamat dari Orang-orang Zalim
Supaya Tidak Dizalimi Lagi

18. Atasi Masalah Zina
Supaya Tidak Mendekati Zina
Supaya Tidak Mendekati Zina Lagi
Supaya Terlindung dari Perzinaan
Supaya Tidak Berzina
Supaya Tidak Berzina Lagi

19. Hadapi Masalah Kehamilan
Supaya Dikaruniai Anak Yang Baik
Supaya Rahim Terjaga
Supaya Janin Tumbuh dengan Sebaik-baiknya
Supaya Melahirkan Anak Yang Saleh
Supaya Menerima Takdir Jika Tidak Dikaruniai Anak

20. Atasi Masalah Rumah-Tangga
Supaya Suami Bertanggung Jawab
Supaya Nafkah Lahir-Batin Memuaskan
Supaya Tidak Kewalahan Mengurusi Rumah-Tangga
 

99 respons untuk ‘Cara Dzikir untuk Atasi Segala Masalah Cinta

    caca said:
    21 Oktober 2009 pukul 07:23

    tlong carikan bku yang isinya mengatasi mslh,,

    sugiono said:
    25 Oktober 2009 pukul 20:28

    kebahagian yang bagaimana menurud abang yang ideal….?

    […] Untuk penjelasan yang lebih rinci, aku sarankan kau baca buku best-sellerku, Istikharah Cinta dan Doa & Zikir Cinta, khususnya pada bab-bab yang […]

    tyo said:
    9 Desember 2009 pukul 23:53

    assalm,..

    Pak Ustad,saya cuma minta solusi terbaik menghadapi masalah dalam keluarga,..dab bagamana cara melanjutkan keinginan/harapan hidup bersama org yg kita cintai,..?
    saat ini saya sedang menjalin hubungan dg seorg gadis(s),memeng sich dia msh sngt remaja dibanding saya,namun selama kami berpacaran kita sdh saling tau satu sama lain,sebelumnya hubungan kami dpt restu dari org tua kita masing2,namun ntah knp hubungan kami jadi berubah,setelah paman dari pacar saya pulang dari jkrta, maaf bknnya saya berburuk sangka kpd si paman pacar saya,tp semenjak dia plg semua keluarga membenci saya, bahkan melarang saya untuk berhubungan dengan pacar saya,setelah saya cari tau ada apa sebenarnya,ternyata pamannya berencana menjodohkan pacar saya dg teman kerjanya,ntah dg cara apa bisa sekejap mata org tua pacar saya membenci saya,bahkan untuk telf dg (s) aja dilarang, palagi sampai bertemu,..padahal, selama kami berpacaran pertemuan kami bisa dihitung,karena saya aja plg kekampung 6 bln sekali,jadi sangat jarang kita ketemu, tp kita menikmatinya dg tenang sebelumnya,karena kita masih terus komunikasi biarpun hanya lwt telfn, tp sekarang saya tidak bisa lg berkomunikasi dgn mudah,sesekali pacar saya ksh kbr sambil menangis dan meminta saya agar trus berjuang,meluluhkan hati ortunya kembali,dan mengembalikannya seperti dulu lagi, saya sedih pak ustad,..karena saat pacar saa tlf suaranya lirih,..dia takut ketahuan org tuanya,..
    yang membuat saya sering tanpa sadar meneteskan air mata,saya ingin hubunga saya seperti dulu lagi,karena kami telah merencanakan pertungan kami sebelumnya,.
    pak ustad bagaimana saya menyelelesaikan masalah ini,dan saya bisa bekerja dg tenang smbari menunggu saat yg paling tepat untuk kami bertemu kembali,karena sekarang saya selalu di teror sama pamannya dan mencaci maki saya,menuduh saya telah guna2 pacar saya,padahal demi allah itu semua gak benar,dan tak pernah sekatapun saya membalas ucapan kasar kemereka,saya diam,karena saya ingin masalah ini segera usai, dan kembali seperti dulu lagi,walaupunjujur saya saya sangat tersakiti mendengar kata2 binatang dari mulut pamannya,dan membuat saya sering tertekan,
    bagamana saya meyakinkan kembali ke 2 orang tuanya?saat ini tidak ada yg bs membantu saya,kasih tau saya pak ustad berdoa/berzikir yg bisa mmulihkan keadaan,.. meluluhkan hati,karena saya tahu gk da yg sanggup melainkan kehendak dari-Nya,.

    karena kami sdh bertekat untuk terus berjuang mempertahankan hubungan kami,..
    tlg kasih tau saya pak uztad,.. trimakasih sebelumya.

    teo,..

    Satu-satunya buku zikir untuk solusi masalah cinta said:
    27 Desember 2009 pukul 17:48

    […] ini, sepanjang pengetahuan kami, inilah satu-satunya buku yang berisi pedoman doa & zikir untuk mengatasi segala masalah cinta. Cakupannya meliputi cinta dalam arti luas seperti cinta antara orangtua dan anak maupun cinta […]

    Devita said:
    9 Januari 2010 pukul 17:34

    Ass.. Ustadz

    sya se0rg muslim 18 th n sya seorg mhasiswa d akadmi keperawatn negeri di palembg.
    sya mempunyai msalah yaitU pRTntangan bATin yg slama ini sya jLani. Pcr pertama saya adlh se0rg mhasiswa d perguruan tgGi swasta d plmbg,sya sudah mNJLin hub dgn dya slama hmpR 3 thun
    . PaCar kdua saya se0rang angg0ta kp0lisian n bru 2 bulan sya knal. KLau dsuruh memliH brdasarkn cnta sya memliH pcr sya yg pRTma tp org tUa SAya lbh mendukung hub sya dgn pcr kdua sya dgn alasan dya sudah mMLiki pekrjaAn tetap.
    Saya bingun antara memprthankn org yg sya cntai atau menuruTi org tUa sya ..

    qohr said:
    22 Januari 2010 pukul 02:05

    dimana beli buku ini bos…di tangerang ada ga?
    kasih info dong secepatnya…nope ku 021 96003221
    tks

      was krni said:
      2 Maret 2010 pukul 15:45

      assalamualaikum?
      saya seorang muslim,brusia 18 thn..nama saya wais korni… pak ust,mungkin pak lbih tou soal masalah2 cinta.aku mencintai seorang gadis yang sangat baik dan cantik.
      pertama kali saya jalin hub ma dia,ia mmberikan aroma kesejukan bagi hatiku yang mndalam,sudah setahun aku mnjalin cinta dngannya…tapi entah knapa hari2 ni ia sangat tidak bersahabat denganku,,smenjak aku bercerita soal mantan Q mou tunangan,ia mulai da perubahan…dan aku yakin ia mrah karna itu..apakah aku salah?padahal aku ingin terbuka ja ma dia,,,lagian kita berdua dah janji,kita gk boleh rahasiaaan,ceritakan ja walou itu pahit..
      cemburu dia dah melebihi batas ajaran islam,cemburu tu kan da yang terpuji dan da yang tidak di sukai allah..
      saya ingat kata-kata ni.wanita itu laksana tulang rusuk..bila di paksa meluruskan,maka kan patah..sebaliknya bila di diemin maka kan seperti semula yakni bengkok,maka bagi laki-laki bersabarlah?
      aku hrus sabar sampaikapan…apakah saya harus berpisah,mungkin ntu jalan terbaik…tolong cari solusi untuk saya?
      ni no Hp saya 085714299032

    Viyra said:
    19 Mei 2010 pukul 07:28

    Aku jga bermint mngenai buku tsb bgaimna aq mndapatkanx pak

    sandi said:
    17 Juni 2010 pukul 19:30

    alhamdulillah aku telah membeli dan membaca buku yang sangat membantu aku ketika aku lagi down menghadapi masalah cinta selama ini…..

    Aisyah said:
    1 Agustus 2010 pukul 12:00

    Di mana saya bisa beli buku itu?

    icih haningrun said:
    1 November 2010 pukul 06:14

    agar suami takluk

    prasetyalynn said:
    4 November 2010 pukul 18:01

    kerrrrrrrrrrenzzzz..:)

    belajar gitar said:
    8 November 2010 pukul 21:38

    Maha Suci Allah, masih ada saudara yang berbakat, lanjutkan jihadmu Gan, salam kenal dari saya…..

    wahyudhie said:
    11 Maret 2011 pukul 14:53

    bisa minta tolong untuk mendapatkan buku ini dimana iy?
    apa masih ada stocknya?
    terimakasih

    Laily said:
    20 Maret 2011 pukul 13:22

    Saya mau tanya…dmana sya bisa mendapatkan buku krngn bpk.shodiq??
    Karna sya sngat membutuhkan buku buku itu…tolong blasanx..
    Apakah bsa beli online

    SamsOel Raden Sem Firdaush said:
    15 Oktober 2011 pukul 19:51

    semua manusia btuh siraman rohani biar gak terllu gila cina,,, trims….

    Rio Andika Arya said:
    22 Oktober 2011 pukul 22:20

    Assalamualaikum ya ikhwani wa akhwati…………………kuntu min makhadil jauhar. indama akrou hajal kitab,,,,la asyur syaian illa,,,,,,,,,,,wajadtu alilmu kasiron min hajal kitab,,,,,,,,,,,afwan li rokyi ilsikum,,,,,,,,,,,,,,,,doq azzikroo allazi towil na’am…………………syukron ala hustni ihtimamikum,,,,,assalamualaikum wr.wb……………………………………………………………………………………..ismi HERMANSYAH.

    trian sutriyana said:
    21 Maret 2012 pukul 19:29

    ass.pak ustad saya habis di putusi pacar saya,tapi saya masih sayang banget sam dia,saya bingun harus berbuat apa lagi,

    Lora said:
    27 Maret 2012 pukul 08:44

    ass,,pak ustad tlg bantu saya pak..saya punya problem sm pacar saya pdhal dia sdh berjanji sm saya & kluarga saya mau menikahi saya tp dia mutusin saya..sekarang ini saya bimbang & menyesal krn saya udh berhubungan badan dgn pacar saya & sekarang saya jd susah bertemu & komunikasi sm pacar saya..tlg saya pak ustad saya ini dia kembali & bertanggung jwb kepada saya.

    rani said:
    14 Juni 2012 pukul 10:29

    pak ustad saya akhir – akhir ini banyak membaca tulisan bapak di blog, saya berkeinginan untuk berdiskusi dengan bapak, tapi tidak menemukan alamat email bapak, bolehkah saya minta alamat email?

    hipnoterapisurabaya said:
    5 Juli 2012 pukul 10:51

    Cinta memang terkadang bikin bahagia.namun terkadang juga bikin sekit hati, menangis. dan sedih. Dzikir bisa membantu mengatasinya.. dan mungkin Artikel ini juga bisa membantu teman2 yg lagi sedih http://klinikpsikis.com/cara-melupakan-mantan/

    […] 5) Lengkapilah ikhtiar-ikhtiarmu itu dengan doa & zikir yang relevan. (Silakan mengambilnya dari buku Doa & Zikir Cinta.) […]

    Konsultasi: Takut Dosa Zina « Indonesia Hot said:
    20 Januari 2014 pukul 18:05

    […] … 29 tahun, baru saja membaca buku Bapak, doa & zikir cinta, di mana didalam buku tersebut dibahas tentang perzinahan. Saya ingin berkonsultasi tentang masalah […]

    Doa Supaya Tidak Jadi Perawan Tua « Indonesia Hot said:
    20 Januari 2014 pukul 18:20

    […] Melalui Shalat. Zikir dan Doa untuk menangkal “penyaratan” itu bisa kau temukan di buku Doa & Zikir Cinta, Bab 16, “Atasi Gangguan Jin, Setan & Sihir”. Selanjutnya, untuk memperoleh jodoh […]

    santi said:
    16 Maret 2015 pukul 14:59

    bagaimana jika ingin konsultasi?

    ade said:
    16 Maret 2016 pukul 10:48

    klo mau beli buku dzikir soal msalah cinta dmna. kalau daerah sidoarjo.

    Chusni said:
    6 Februari 2017 pukul 14:44

    Assalamualaikum .. ustad…
    Saya berhubungan dengan seseorang perempuan .. kami tidak berpacaran melainkan sebuah hubungan tanpa status, yang di Islam di sebut ta aruf, kami tidak pernah bertengkar, dia tidak pernah membentak ataupun apa begitu pula aku, hubungan kami sudah seperti sebuah hubungan rumah tangga meskiami masih berstatus mahasiswa, kami menjalin hubungan kerja sama dalam berdagang, berbelanja bersama, dan lain sebagainya, namun , maaf . Saya terkena godaa, untuk berciuman dengan dia , yang pertama kalinya, nah .. padahal selama menjalin hubungan lebih dari 2 Thun, kami enggan melakukan hal yang berbau zina, akibat itu lah , hubungan kami semakin hari semakin buruk, banyak sekali kecerobohan yang saya perbuat, padahal saya sudah sangat berhati” namun selalu saja ada masalah, sampai akhirnya dia benar” marah dan membenci saya, saya sedih ustad, saya bilang kepadanya, kalau saya akan berubah, dan benar adanya kami saling memahami kalau hubungan ini semakin rusak gara” ciuman pertama kali kami, cintanya mulai luntur, namun cintaku semakin hari semakin besar, sampai akhirnya hubungan kami renggang dia mulai cuek dan suka marah” dengan ku. Dan berakhir. Apa yang harus saya lakukan ustad agr dia dapat kembali menyayangi saya, saya sudah menyesal melakukan hal tersebut, dan saya tidak akan melakukanya lagi.. namun dia terus menutup hatinya… Mohon solusinya ustad.. terimakasih.. wassalamu’alaikum warohmatullahiwabarokatu…

    Witri said:
    12 Februari 2017 pukul 16:13

    Assalamualaikum..ustasd sya mau minta solusi..
    gini ustad. pacar sya ketahuan chattingan sama cewek lain trus pacar saya ngajakin cwek it nikah. tp ceweknya belum jawab.
    trus sya tanya kenapa kamu lakuin itu keaku kmu kan sudah janji keaku klw kmu ingin melamar aku tp knpa kamu berpaling..trus jawabnya dia..sya bgini krn kamu sendiri.kmu ngga mau diatur.sukanya marah marah. terus jd terpaksa sya cri cewek lain.. gitu ustad..tpi sya ngga rela klw dia nilah dengan orang lain..padahal saya sangat serius dengannya… gimana ini ustad sya minta solusinya…spaya dia bsa kembali le aku.. krna aku masih sayang sama dia..

    May dayanti said:
    6 Maret 2017 pukul 08:35

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Pak ustadz saya masih berumur 16 tahun . saya ingin menikah dikarenakan takut nafsu menguasai diri saya dan pcr saya . namun , saya bingung untuk menjelaskan dan meminta restu dari orang tua karna orang tua tidak ingin anakNya menikah sebelum umur yg wajar . Bagaimana cara agar saya mendapat restu dari orng tua saya pak ustadz ??? Terima kasih ditunggu balasanNya .
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

    Vio said:
    11 November 2017 pukul 19:27

    Asslkm. Bgmn dzikir untuk bisa rujuk kembali

    Vio said:
    11 November 2017 pukul 19:29

    Asslamualaikum… Mhon info. Dzikir yg bisa dibaca agar bisa rujuk kembli. Trims

    zulkifly said:
    19 Desember 2017 pukul 16:39

    Asalamulaikum ustad dalam solat tahajjut doa apa kah harus saya ambil untuk melembut kan hati isteri saya

    desy said:
    2 Desember 2018 pukul 20:15

    Assalamu’alaikum Pak ustadz.
    mau minta solusinya Pak, awalnya kita berniat dan berkomitmen untuk menikah, walaupun kita baru saja kenal. tp kita sudah mengetahui satu sama lainnya. dia tdk mengajak saya untuk berpacaran. tapi untuk menikah. saya tidak terlalu yakin tentang permintaannya karena kita terbentur dengan jarak, adat. tapi dia selalu membuat saya percaya, kalau tidak ada yg mungkin didunia ini. dan keinginan untuk menikahi saya itu sudah difikir matang2. setelah itu, saya pulang ke kampung halaman saya dan membicarakan tentang niatnya ke orang tua saya. awalnya orang tua saya tidak setuju, krn jauh dan juga karena dia mahasiswa harus meneruskan terlebih dahulu pendidikannya. sedangkan dia maunya, untuk melepaskan pendidikannya dan menikah saya. dan setelah itu, orang tua saya setuju karena demi kebahagiaan saya. setelah itu, dia bicara tentang niatnya itu ke keluarganya. dan ternyata keluarganya merasa keberatan karena jarak, adat, ekonomi. dan dia memutuskan secara sepihak untuk membatalkan rencananya tersebut, karena orang tuanya tdk setuju. dan dia jg muncul keraguan untuk menikahi saya. menurut pak ustadz saya harus bagaimana,?

    Tiaras said:
    3 Februari 2019 pukul 19:00

    Assalaamu’alaykum ustadz. Saya dan calon suami saya akan menikah di tahun ini, hanya saja saya baru tahu bahwa kaka2 beliau tidak merestui kami, dikarenakan beliau tidak memiliki orang tua. Kesalahan yg Calon suami saya lakukan berubah menyebutkan aib saya dan keburukan saya di hadapan keluarganya sebelum saya berubah seperti sekarang ini.. Hingga saat ini kami dilema bagaimana cara menyelesaikan permasalahan kami, sedangkan kaka beliau tidak merestui kami dikarenakan sifat buruk saya (padahal yg dijelaskan ketika saya belum hijrah).

    Sedangkan calon suami saya berjanji untuk menikahi saya, dan saya yakin untuk menjadi istrinya setelah saya istikharah.

    Pertanyaan saya :
    1.) Bagaimana kami memohon restu kepada kedua kaka calon suami saya?
    2.) Apakah restu kaka berperngaruh kepada niat pernikahan kami?
    3.) Apakah jika seorang laki2 yg menikah tanpa restu kakanya pertanda bahwa pernikahan kami tidak sah??.
    4.) Adakah cara untuk kami menjelaskan kepada kaka2nya tentang masalalu saya sebelum hijrah?
    5.) Bagaimana menjelaskannya bahwa kami memang serius untuk menikah, karena sejujurnya beliau merasa sudah tidak mampu menahan syahwatnya.

    Mohon kesediaannya menjawab ustadz.

Silakan sampaikan pemikiran Anda