Masih perawankah bila jari tangan masuk ke vagina?

Posted on Updated on

Assalamu’alaikum Pa Ustad. sebenarnya saya malu untuk bertanya, tapi saya memberanikan diri. saya br putus 1 bulan yang lalu dengan pacar saya, saya sudah pacaran selama 2 tahun. selama pacaran saya pasti ke rumahnya.setiap saya kerumahnya selalu orang tua ngertiin, bahkan ninggalin saya dan pacar saya di ruang tamu.dalam kesempatan itu saya selalu melakukan cumbu sampi horni, bahkan jari2 saya masuk ke Vagina pacar saya …. kejadian ini berlangsung slm 2 tahun. Apakah Cwe saya masih perawan Pa? Sekarang cwe saya sudah pindah ke lain hati, yang lebih menyakitkan hati adalah sekarang cwe saya pacaran lagi sama pria yang sudah beristri.

Jawaban M Shodiq Mustika:

Wa’alaykumus salam.

Ya, putus hubungan cinta memang menyakitkan. Apalagi bila hubungan itu sudah segitu lama, sampai dua tahun. Apalagi pula, sudah begitu dekatnya kalian dengan perbuatan zina.

Sebenarnya, dua bulan yang lalu aku sudah membicarakan kasus serupa. Namun, berhubung ini merupakan tema yang penting dan menarik, aku tak keberatan untuk menambahkan penjelasan.
Hanya saja, aku mau interupsi dulu.

Aku tidak sependapat bahwa orangtua yang membiarkan anaknya begitu saja tanpa pengawasan hingga mendekati zina dikatakan “penuh pengertian”. Seharusnya, yang benar-benar penuh pengertian ialah yang melindungi anaknya dari berbagai keburukan, termasuk perihal mendekati zina itu. “Hai orang-orang yang beriman! Jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka. …” (QS at-Tahriim [66]: 6)

Demikian interupsiku. Kini, kujawab pertanyaanmu.

Prof. DR. Dr. Wimpie Pangkahila, Dokter Ahli Andrologi dan Seksologi, menjelaskan (Kompas Cyber Media, 10 Maret 2004):

Perawan tidaknya seorang wanita bukan ditentukan oleh utuh tidaknya selaput dara, melainkan oleh pernah tidaknya melakukan hubungan seksual. Artinya, wanita yang telah melakukan hubungan seksual disebut tidak perawan. Di pihak lain, wanita yang tidak pernah melakukan hubungan seksual tetapi selaput daranya robek karena melakukan masturbasi dengan memasukkan benda padat ke dalam vagina, tetap disebut perawan.

Yang dimaksud dengan hubungan seksual itu adalah masuknya alat kelamin pria ke alat kelamin wanita. Jadi, masuknya jari-jari ke vagina itu tidak menghilangkan keperawanan.

selaput dara dapat terkoyak seperti iniSungguhpun demikian, aktivitas tersebut BUKAN tergolong pacaran sehat. Sebab, disamping berdosa lantaran mendekati zina, perbuatan seperti itu dapat mengoyak selaput dara si cewek.

Terkoyaknya selaput dara itu dapat mengakibatkan perdarahan dan bisa pula tidak. Dokter Iwan menerangkan:

… selaput dara seorang wanita kondisinya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada wanita yang memiliki selaput dara yang tipis sehingga apabila melakukan hubungan seksual akan lebih mudah pecah tetapi ada pula wanita yang memiliki selaput dara yang kuat sehingga akan tidak mudah pecah. Pecahnya selaput dara juga tidak harus melalui hubungan seksual saja, bisa juga melalui aktifitas olahraga, benturan, senam dan sebagainya.

Bentuk selaput dara yang dimiliki oleh satu wanita dengan wanita yang lainnya juga tidak sama. Jika ia memiliki selaput dara yang kaya akan pembuluh darah, otomatis jika selaput dara itu pecah akan terjadi pendarahan yang cukup banyak. Sebaliknya jika selaput dara tersebut tidak memiliki pembuluh darah otomatis ketika pecah juga tidak menimbulkan pendarahan. Jadi pendarahan pada saat hubungan seksual tidak bisa dijadikan tolak ukur menilai keperawanan seorang wanita, justru pendarahan bisa saja terjadi karena pengencangan atau ketegangan pada vagina yang sering disebut sebagai kelainan vaginimus pada saat hubungan seksual dan jika selama melakukan hubungan seksual tidak menimbulkan ketegangan pada vagina tetapi dapat menikmatinya bersama maka kemungkinan terjadi pendarahan sangat kecil bahkan tidak ada. So.. jangan heran jika ada wanita yang telah berulangkali melakukan hubungan seksual namun sama sekali tidak pernah mengalami pendarahan sama sekali.

Warta Medika menegaskan:

Hymen atau selaput dara bukanlah indikator mutlak keperawanan seorang gadis. Selaput dara bisa saja sudah robek tetapi si gadis masih perawan, atau sebaliknya, selaput dara tidak robek padahal si gadis sudah tidak perawan. Hal ini bisa terjadi karena definisi “tidak perawan” adalah pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis, tidak peduli apakah selaput daranya robek atau tidak.

Hymen adalah lapisan mukosa yang mengelilingi atau menutupi sebagian dari muara vagina. Lapisan tersebut, seperti halnya mukosa vagina, juga mempunyai pembuluh darah dan pembuluh saraf. Oleh sebab itu, robekan pada hymen seringkali diikuti dengan perdarahan dan rasa nyeri.

Pada saat seorang gadis baru memasuki usia sekolah, selaput dara masih tipis dan bahkan hampir tembus cahaya. Oleh karena itu, pada usia ini, selaput dara lebih mudah mengalami robekan, terutama akibat olahraga seperti berkuda, bersepeda, atau senam.

Setelah pubertas, akibat pengaruh hormon estrogen, hymen akan sedikit menebal dan berwarna merah muda. Tapi perlu diingat bahwa ketebalan, bentuk, dan elastisitas hymen berbeda-beda pada setiap wanita.

Demikianlah jawabanku atas pertanyaanmu. Jelas, bukan?

156 respons untuk ‘Masih perawankah bila jari tangan masuk ke vagina?

    bona said:
    10 Agustus 2013 pukul 03:14

    Pak ustadz sy mw nny.
    Sy prnh memasukkin jari tngh jari sy k dlm vagina pcr sy, sy mw ngetes apa dy msh perawan atw tdk.
    Alhasil jari tngh sy amblas k dlm, tp vaginanya msh rapat.
    Trus sy bngung pdhl byk komentar yg mngatakan klo jari yg bs msk hny jari kelingking dan btasnya hny 2 cm.
    Mnurut pak ustadz apakah vaginanya sdh sering dimasukkan dgn jari? Mohon pnjelasannya pak ustadz

      munawir said:
      15 Oktober 2015 pukul 04:15

      assalamu’alaikum
      malah dh sering bgt d masukin …. klo cwe yang serig d masukin dengan laki – laki berarti cwe itu ga tw diri dan cwe itu dh ga punya iman …. sekarang gnih ajh apakah enak melakukan kyk gth …. kan itu bikin pcrnya terluka …. dh sekarang mah jauhin ajh yg kaya gth ajh … klo mas syg , cinta , dan suka ama pcr mas … jaga dia baik” jg sampai dh ga perawan … waalaikumsalam

    rita apriliani said:
    16 Oktober 2013 pukul 03:22

    saya sering begitu tapi tenang’ saja bagi saya keperawanan ga penting yg penting kepuasan belahan ht saya &kenikmatannya

      Ku6.357 said:
      4 Februari 2014 pukul 17:16

      Kita nich terlahir di daerah timur. So cuma orang2 dr brat yg punya pikiran kyak gito. U to bule y. . .?

    jankwestway said:
    7 November 2013 pukul 19:55

    kejujuran itu yg terbaik, kebesaran hati itu suatu keharusan, perawan atw tdk tergantung pada keputusan kita sbg laki laki diterima atw tdk tentukan sebelum terlambat, perempuan kaum yg harus dibina.

    dina said:
    17 Maret 2014 pukul 07:34

    saya mo tanya saya puny temen dia blng dia pernh melkukan seksual sm pacar ya tapi hanya kepala ya saja yg masuk soal tdk bisa masuk semua dan dia merasa sakit dan ada bercak darah luka
    apa dia udh eg perwan ya???

    thanks

      dhika said:
      8 Juli 2014 pukul 00:55

      iyabitu suddah nggak prawan

    arum said:
    3 April 2014 pukul 19:49

    saya dan pacar sering melakukan seperti itu , bahkan 2 jari saya masuk ke alat kelamin pacar saya , tetapi dalam melakukan tersebut kelamin pacar saya tidak keluar darah. apa masih perawan pacar saya ?

    Agung Prasetyo said:
    27 Mei 2014 pukul 21:58

    Pa ustadz saya mau nanya nih .
    apakah bisa hamil jetika jari-jari saya terkena sperma saya trus sya masukan jari saya ke dalam vagina cewe itu tapii cwe saya itu masih perawan pas ustadz
    mohon banget penjelasan nya pa 🙂

    vimax said:
    10 September 2014 pukul 00:01

    jangan pernah masukin tangan ke vagina, kata cewek kesakitan.

    JUAL OBAT BIUS LIQUID SEX . CALL 085727795972 said:
    26 November 2014 pukul 23:10

    LiQuid Sex adalah Obat Bius Yang Berbentuk Cair, Obat ini Buatan German Bisa membuat Wanita Langsung Pingsan Dalam Beberapa Menit Saja ( 2-3 Menit ).
    Dan Walau Anda apa – apain saja Target Anda tidak akan bangun Selama 4 – 5 jam, kadang lebih, selain itu bisa juga untuk membius orang yang mau diperkosa ( Tidak dianjurkan )
    Obat Bius Ini Berbentuk Cair tidak berbau,
    tidak berasa, tidak berwarna Dan tidak beracun, ( So It Safely ).
    1 botol bisa di pakai untuk berkali kali, cukup ditaruh di air minum apa saja kecuali susu dan air kelapa muda , lebih baik dalam air mineral, teh, jus, sirup atau di minuman yang bersoda.
    dan dalam waktu 2 – 3 menit setelah di minum maka langsung bereaksi pada target anda seperti tepar dan terkapar .
    AWAS ! ! ! .Tolong Jangan gunakan Obat Bius Cair ini pada orang yang baru dikenal atau penyalah gunaan obat ini.
    Baik di gunakan untuk Teman Dekat atau Pacar Sendiri …..
    Obat Bius Cair Untuk Wanita.
    LiQuid Sex Obat Bius Cair .
    NEGARA ASAL : German
    Netto : 15ml
    HARGA : Rp 250.000, –
    Produk import asli dari Germany Liquid Sex Obat Bius Cair Pria / Wanita siap melayani anda….!!!!
    WARNING … !!! Hati Hati Dengan Penipuan Situs Jual Beli Palsu .
    Hanya Di sini Liquid Sex Obat Bius Cair Pria / Wanita asli Produk made in Germany
    Layanan 24jam Online Konsultasi Bisa Tlf / Sms : 085727795972 ( Indosat )kunjungi wabsite kami ; BIUSKAMAJAYA.BLOGSPOT.COM

      yadi said:
      16 Februari 2015 pukul 23:48

      memek bau bete

    Dimel said:
    27 Maret 2015 pukul 00:05

    Dok brati kalo udah di masukin jari bgitu di cekan keprawananya cwk trsbut masih prawan apa engga

    aninditta said:
    7 April 2015 pukul 14:16

    Mau tau informasi yang benar tentang mitos dan fakta seputar vagina hanya di tanyadok.com portal informasi layanan kesehatan.

    ranny kartabrata said:
    1 Juni 2015 pukul 16:47

    Ngent0t yu pa ustaz ana janda anak 1

    Rahma said:
    14 Desember 2015 pukul 05:49

    Pak ustad..saya mau nanya nihh..apakah memasukkan jari2 tangan kedalam vagina akan menimbulkan kehamilan..?

      paradox said:
      23 Desember 2017 pukul 21:37

      pacar sya jga pernah tanya gtu ketika aku raba itunnYa……. lalu singkat kata aku jawab pertanyaanya dgn malu aku menjawab, kamu cantik lalu aku mencium bibirya…..setelah itu dia malah masukin tanganya kedalam celana saya….

    lia elyana said:
    10 Januari 2016 pukul 20:30

    Asalamualaikum Wr….Wb…
    pak saya mau tanya dulu waktu saya masih umur skitar 10 tahunnan saya naik sepeda,saya jatuh hingga vagina saya mangeluarkan darah apakah saya masih perawan tidak.dan dulu saya itu juga pernah di paksa untuk melakukan hub.intim sama kakak kelas saya waktu itu saya masih kelas 2SD ttpi tidak mengeluarkan darah apakah saya masih perawan tidak,
    Vagina saya juga sering terbentur pintu itu saya masih perawan tdak…..MOHON DI JAWAB KARENA SAYA SNGAT BUTUH PENJELASAN DARI BAPAK
    Wasalamualaikum Wr…..Wb

    dhede said:
    13 Maret 2016 pukul 11:59

    syaaa dah kapok pacaran sya pnqen nikah ajh paacaran tuh menambah dosa … tapii ue blm ad jdoh ya .

    dhede said:
    13 Maret 2016 pukul 14:35

    ya allah ampunkan dosa dosa hamba mu ini aku hya manusia biasa.. yang hilap d penuhi dosa
    qmna cara ya agar bisa jauhi zinah.. tapi ga pernah d masukin penis sii
    apa kah aku masi perawaaan

    Susy said:
    17 April 2016 pukul 14:46

    Apa msih perawan kah jka d msukan jri” d dlam vagina???

    edo said:
    17 Oktober 2016 pukul 10:17

    assalamu’alaikum pak ustad sebenarnya saya malu untuk bertanya, tpi kepada sia pa lagi saya akan katakan
    sebenarnya begini pak saya sudah 1 tahun lebih pacaran sama pacar saya dan suatu saat kami pernah berhubungan tapi itu cuma sebentar apakah pacar saya itu, dan aku pernah juga tanyakan kepadanya apa ada darah yg keluar dx kata Q kepadanya, dan dia pun menjawab ada, aku hanya khawatir kepadanya soalnya dia itu sngat menyesali apa yg sdah kami lakukan aku hanya ingin menenangkan pikirannya, dan aku juga maumenikahinya apa yang harus aku lakukan pak untuk menenangkan hati pacarku itu, karna aku sangat sayang kepadanya, aku juga ingin mengembalikan senyumannya lagi.

    kang zapran said:
    29 Juni 2017 pukul 06:56

    Bertubat lah kalian ,.!

    Ichan said:
    27 Maret 2018 pukul 20:35

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Sebelum Nya Saya Minta Maaf Apabila Pertanyaan Saya Tidak Pantas Untuk di Pertanyakan,
    Pak Ustadz, Saya mau bertanya,
    Ada orang Yang Pacaran, terus Cowok Nya (Laki Laki) Mau Memasukkan kelamin nya kedalam kelamin si perempuan,cuman di sAat Itu Kelamin Mereka Hanya Bersentuhan Saja Pak Ustadz dan pak dokter, dan di situ tidak Ada darah yang keluar dari kemaluan Si cewek Dokter, yang mau saya tanyakan adalah,…
    Apakah Itu Masih Di katakan Perawan Dokter?

    Terimahkasih

    Ichan said:
    27 Maret 2018 pukul 20:35

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Sebelum Nya Saya Minta Maaf Apabila Pertanyaan Saya Tidak Pantas Untuk di Pertanyakan,
    Pak Ustadz, Saya mau bertanya,
    Ada orang Yang Pacaran, terus Cowok Nya (Laki Laki) Mau Memasukkan kelamin nya kedalam kelamin si perempuan,cuman di sAat Itu Kelamin Mereka Hanya Bersentuhan Saja Pak Ustadz dan pak dokter, dan di situ tidak Ada darah yang keluar dari kemaluan Si cewek Dokter, yang mau saya tanyakan adalah,…
    Apakah Itu Masih Di katakan Perawan Dokter?

    Terimahkasih

Silakan sampaikan pemikiran Anda